INOVASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI BIO ESSESMENT UNTUK PENGUATAN KARAKTER SISWA

Sutarno dan Budi Handoyo

 1.      PENGANTAR

Dalam  pembelajaran kontektual dikenal 7 (tujuh) prinsip yaitu inquary, question, constructivistik, learning community, modeling, reflecting dan authentic assesment. Implementasi ke tujuh prinsip tersebut dalam pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan kompetensi siswa secara lebih holistik, baik hard skill maupun soft skill. Berikut penerapan CTL dalam pelatihan guru untuk bio asesmen dalam wokkshop guru anggata JKPKA 2010 di Selorejo.

2.      IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CTL UNTUK PENGEMBANGAN KARAKTER

Praktek implementasi pembelajaran kontekstual dalam pelatian guru ini dilakukan  dalam proses berikut.

(1)   Inquiry (Inkuiri)

Inkuiri merupakan proses menggerakkan siswa dari observasi untuk pemahaman konsep atau fenomena.

Inkuari dilakukan dilakukan melalui observasi kehidupan/hewan sungai Sungai Konto di Desa Selorejo, Ngantang, Malang. Peserta pelatihan di bagi menjadi 4 kelompok, yaitu kelompok Hulu, Kelompok tengah, Kelompok Hilir, dan Kelompok Madiun. Lokasi observasi berupa sungai yang relatif landai, lebar, dan berbatu.

Peserta didik menangkap hewan-hewan sungai dengan menggunakan jaring dibalik bebatuan yang menjadi habitat hewan air. Hewan-hewan sungai hasil menjaring diletakkan pada tempatna, berupa ember plastik yang terbagi dalam kotak-kotak kecil. Hewan-hewan itu diklasifikasikan sesuai dengan jenis-jenisnya. Untuk pengklasifikasian ini perlu dibantu dengan kaca pembesar, karena ukuran hewan yang kecil.

(2)   Question (Tanya Jawab)

Tanya jawab diterapkan antara siswa dengan siswa, guru dengan siswa, siswa  dengan guru, atau siswa dengan  orang lain yang didatangkan ke kelas. Pertanyaan guru  untuk memberikan kesempatan  siswa berpikir kritis dan mengevaluasi cara berpikir siswa. Pertanyaan siswa merupakan wujud  keingintahuan.

Tahap kedua dilakukan juga di lokasi observasi. Peserta pelatihan melakukan tanya jawab dengan dengan fasilitator, dan sesama peserta. Pertanyaan yang di kemukakan merupakan pertanyaan keinginan tahu dan klarifikasi, sedangkan pertanyaan fasilitator berupa pertanyaan untuk mengembangkan kemampuan berfikir kritis. Misalnya mengapa jenis hewan inveterbrata jenis …..tinggal di balik bebatuan? Pertanyaan ini dimaksudkan agar peserta didik dapat berfikir logis dan rasional, serta analitis.

3.      CONSTRUCTIVISTIC (KONSTRUKTIVISTIK)

Konstruktivistik merupakan uapaya  menyusun dan membangun  makna atas pengalaman baru yang  didasarkan pada pengetahuan tertentu /sebelumnya. Pengetahuan  dibangun sedikit demi  sedikit, hasilnya diperluas melalui konteks  yang terbatas dan tidak secara tiba-tiba. Strategi pemerolehan pengetahuan  lebih diutamakan dari pada  banyaknya pengetahuan yang didapatkan siswa.

4. LEARNING COMMUNITY (KOMUNITAS BELAJAR)

Komunitas belajar merupakan wadah berbicara, berbagi gagasan, pengalaman,  dan kolaborasi dengan yang lain untuk menciptakan pembelajaran. Dalam kegiatan ini dapat diakukan dengan kelompok kecil atau kelompok besar, mendatangkan ahli ke kelas, bekerja dengan kelas sederajat, bekerja dengan kelas di atasnya, dan bekerja dengan masyarakat

5. MODELING (PEMODELAN)

Modeling merupakan kegiatan mencontohkan bagaimana menjadi diri,   bagaimana berfikir, bagaimana bertindak, dan  bagaimana belajar.  Berfikir keras tentang pembelajaran yang dilakukan . Mendemonstrasikan bagaimana siswa belajar.  Menunjukkan apa yang harus dilakukan siswa,  mendemontrasikan suatu kinerja agar siswa dapat mencontoh, belajar atau melakukan sesuatu

6.            REFLECTION (REFLEKSI)

Refleksi merupakan kegiatan belajar untuk melihat kembali atau merespon suatu   kejadian, kegiatan dan pengalaman yang bertujuan untuk mengidentifikasi hal yang  sudah diketahui, dan hal yang belum diketahui agar dapat dilakukan suatu tindakan penyempurnaan. Teknik: pertanyaan langsung tentang apa-apa yang diperolehnya hari itu, catatan dan  jurnal di buku siswa, kesan dan saran

siswa mengenai pembelajaran pada hari  itu, diskusi dan hasil karya.

Hasil refleksi peserta setelah mengikuti kegiatan pembelajaran dengan CTL sebagai beikut:

(1)   menyenangkan dapat mengamati lagsung objek dan kerjasama

(2)   dapat mempresentasikan hasil dengan leluasa

(3)   melilbatkan siswa sehingga terjadi peningkatan perolehan

(4)   melakukan  kegiatan sendiri sehingga pengalaman dapat dipertukarkan

(5)   memudahkan memahami materi dan bermanfaat untuk proses belajar berikutnya

(6)   belajar dengan diversifikasi, mengalami sendiri, dan menyimmpulkan sangat menyenangkan

(7)   menyenangkan dengan belajar fleksibel perpaduan imtaq dan iptek

(8)   CTL tepat untuk mulok PKLH

(9)   menjadi pengalaman sepanjang hidup

7.            AUTENTHIC ASSESMENT (PENILAIAN OTENTIK)

Penilaian otentik merupakan upaya menilai  kemampuan nyata (pengetahuan, ketrampilan, sikap). Penekanan  untuk  membantu siswa agar mampu  mempelajari sesuatu, bukan pada diperolehnya informasi di akhir periode. Kemajuan belajar  dinilai tidak hanya hasil, tetapi lebih pada prosesnya.  Penerapanya menggunakan multi metode.

Penilaian yang dapat digunakan dalam pelatihan ini dalah penilaia kinerja dan penialian sikap. Penilaian kinerja dilakukan  pada saat berlangsung presentasi dan cara menggunakan alat-alat di sungai. Penilaian sikap digunkan untuk mengatahui sikap peserta berkenaan dengan hasil analisisnya pada kulaitas air di Sungai Konto Ds. Selorejo, Ngantang.

 KESIMPULAN

Kegiatan yang bervasi dalam pembelajaran dengan penerapan CTL dapat berkontrubusi pada pembentukan karakter siswa yang dibutuhkan pada masa depan mereka. Karakter yang tumbuh tersebut antara lain: Kerjasama; Kerja dengan hati-hati, cermat, dan teliti; sehat karena banyak gerak; percaya diri, komunikasi yang baik, dan membiasakan sharing/berbagi dengan orang lain.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s