MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS SPASIAL

budi handoyo

Pembelajaran Berbasis Spasial terdiri atas tujuh langkah. Ketujuh langkah tersebut adalah peyampaian tujuan pembelajaran, observasi, komunikasi dan konfir-masi, elaborasi dan integrasi, diskusi, kesimpulan, dan refleksi dan tindak lanjut. Masing-masing langkah secara singkat diuraikan sebagai berikut.

Pertama, Penyampaian tujuan pembelajaran. Langkah penyampaian tujuan pembelajaran dimak-sudkan untuk memastikan kompetensi yang akan dicapai dalam pembelajaran. Selain itu juga perlu disam-paikan item-item materi yang akan dipelajari, dan aktivitas siswa dalam mencapai tujuan tersebut.

Kedua, Observasi. Langkah oservasi berupa upaya menggerakkan siswa untuk mengenali obyek keruangan yang berkaitan dengan struktur, pola dan proses keruangan (spasial). Obyek keruangan yang diob-servasi berupa fenomena keruangan yang mengandung permasalahan esensial atau penting dan berkaitan dengan materi pembelajaran. Obyek tersebut dipilih secara seksama oleh pendidik melalui diskusi-diskusi sesama pendidik, dan diskusi dengan siswa yang dapat memberikan masukan.  Observasi dapat dilakukan secara langsung ke lapangan atau tidak langsung  dengan melihat secara cermat foto slide atau video dengan alat bantu LCD.   Dalam observasi perlu dibantu peta yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Langkah-langkah kegiatan observasi adalah: (1) siswa mengamati fenomena spasial secara keseluruhan baik langsung atau tidak langsung. (2) siswa mengenali lokasi obsulut dan lokasi relatif dengan bantuan peta. (3) siswa mengenali ragam obyek/fenomena  keruangan biotik maupun abiotik, (4) siswa mengenali zona-zona/ area-area penggunaan lahan. (5) siswa mengenali fenomena yang sama di wilayah permukaan bumi lain. (6) siswa memilih jenis analisis keruangan yang dipan-dang sesuai untuk menganalisis data hasil observasi.

Ketiga, Komunikasi dan Konfirmasi. Langkah komunikasi berupa penyampaian hasil observasi secara lisan. Seluruh hasil observasi disampaikan dengan jelas, seperti jenis obyek dan karakteristiknya, letak obsulut dan relatifnya, penggunaan lahan dan penyebarannya.  Langkah konfirmasi berupa pengecekan hasil observasi yang telah dikomunikasikan oleh siswa. Proses penge-cekan dilakukan secara detail oleh siswa lain dan/atau guru.

Langkah-langkah kegiatan komunikasi dan konfir-masi adalah: (1) siswa menyampaikan hasil observasi yang telah dilakukan. Penyampaian hasil observasi  dilakukan oleh 3-5 siswa secara bergantian agar variasi-variasi hasil observasi dapat terungkap lebih banyak. (2) siswa lain melakukan konfirmasi terhadap hasil obser-vasi yang telah disampaikan secara bergantian hingga jelas, setelah selesai kegiatan komunikasi. Dalam kegiatan konfirmasi ini, guru memiliki peran penting untuk membantu memberikan konfirmasi terhadap kerancuan/ketidakjelasan  yang terjadi dalam pembela-jaran tersebut.

Keempat,  Elaborasi dan Integrasi. Langkah elabo-rasi dan integrasi meru-pakan dua tindakan yang dilakukan secara simultan untuk memperluas makna atas pengnaturalisan baru yang didasarkan pada penge-tahuan siswa sebelumnya. Pengetahuan siswa tentang fenomena geosfer diperluas dengan menelaah proses terjadinya, mengaitkannya dengan peristiwa nyata,  memperluas penye-barannya ke wilayah lain, menelaah keterkaitanya dengan fenomena lain di wilayah yang berbeda, dan memprediksi kemungkinan terjadi di waktu yang akan datang. Perluasan pengetahuan dilaku-kan sedikit demi sedikit dan bertahap dengan mengait-kan peristiwa nyata (kontekstual) secara keruangan.

Langkah-langkah kegiatan elaborasi dan integrasi adalah (1) mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang telah dipersiapkan. (2) membaca bahan ajar (buku teks, jurnal, artikel, brosur, dan sumber lain yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari) untuk memper-luas pengetahuan. (3) menjawab pertanyaan-pertanya-an dengan substansi dari bahan ajar yang telah dibaca. (4) menyusun tulisan ilmiah sederhana, namun ber-makna bagi perluasan pengetahuan. Misalnya siswa menyusun karya ilmiah konseptual secara sederhana   1-2 halaman tentang banjir di daerahnya.

Kelima, Diskusi. Langkah diskusi merupakan wahana belajar bagi siswa untuk berbicara, berbagi gagasan dan pengnaturalisan tentang fenomena keru-angan dan permasalahannya. Siswa diberi kesempatan berbagi pengetahuan yang telah dikonfirmasi, diela-borasi, dan dimaknai secara kontekstual dengan isu-isu yang lebih besar atau umum, dan mengembangkan gagasan-gagasan peme-cahan masalah yang dilakukan siswa.

Langkah-langkah diskusi adalah: (1) siswa membentuk kelompok belajar yang beranggotakan 3-5 orang. (2) siswa mendiskusikan  permasalahan  fenome-na keruangan. (4) siswa menggunakan jenis analisis keruangan yang telah dipilih untuk menganalisis data hasil observasi dalam rangka menjawab permasalahan diskusi. (5) siswa mengkomunikasikan hasil diskusi kelompoknya.

Keenam, Kesimpulan. Langkah kesimpulan meru-pakan upaya menguatkan dan memastikan kompetensi siswa secara singkat tentang fenomena keruangan dan permasalahannya. Langkah-langkah penyimpulan dapat dilakukan dengan tindakan sebagai berikut. (1) guru dapat memilih salah satu diantara empat metode penyimpulan, yaitu individu secara lisan, individu secara tertulis, kelompok secara lisan, dan kelompok secara tertulis. (2) waktu untuk menyim-pulkan dibatasi antara 3-5 menit.   (3) guru memberi kesempatan atau memin-ta salah satu siswa menguta-rakan kesimpulannya. Jika dirasa perlu dapat diulang pada siswa lain hingga dirasa kesimpulannya memadai.

Ketujuh, Refleksi dan Tindak Lanjut. Refleksi merupakan kegiatan belajar untuk melihat kembali pembelajaran yang telah berlangsung, atau merespon suatu   peristiwa yang terjadi yang berkaitan masalah pembelajaran. Langkah-langkah kegiatan refleksi dan tindak  lanjut adalah: (1) siswa mengutarakan tujuan yang sudah dipahami dan yang belum dipahami. (2) siswa dapat mengemukakan solusi aktivitas dalam mengatasi ketidakpahamannya. (3) guru memberi pertimbangan dan penguatan pilihan pemecahan masa-lah yang diambil siswa. (4) siswa mengemukakan perasaanya setelah mengikuti serangkaian proses pem-belajaran.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s